Nah ini diaa manfaat dari Jahe...

Jahe adalah tanaman yang sangat umum di Indonesia. Biasanya orang hanya memanfaatkan jahe untuk bumbu masak dan obat. Obat apa saja? Banyak orang akan menggelengkan kepala seperti sedang menderita sakit kepala. hehe …. Pada postingan kali ini kita akan mencari tahu macam-macam manfaat jahe bagi kita.



Jahe dikenal sebagai obat herbal yang hebat.

Studi ilmiah yang dilakukan oleh beberapa lembaga penelitian termasuk Indian Institute of Nutrition telah mengungkapkan bahwa jahe mengandung sifat-sifat obat yang bisa mengontrol tekanan darah tinggi, kanker ovarium, mencegah kanker usus besar, mengurangi rasa sakit akibat kram menstruasi, sembelit, mulas, pilek, flu, dan migrain, juga mengurangi kerusakan ginjal pada pasien diabetes.

Dikemukakan juga bahwa jahe juga bisa dipakai sebagai anti-inflamasi, anti-kembung (kontrol pencernaan gas) dan anti-oksidan (pencegah kanker).

Rimpang jahe mengandung protein (2,3 persen), lemak (0,9 persen), mineral (1,2 persen), serat (2,4 persen) dan karbohidrat (12,3 persen), selain mineral seperti besi, kalsium dan fosfor. Vitamin seperti tiamin (B1), riboflavin (B2), niasin (B3) dan asam askorbat (vitamin C).

Komponen aktif utama yang ditemukan pada jahe adalah gingerols. Efektivitas penggunaan jahe (940 mg) pada orang yang sedang mabuk setara dengan penggunaan obat allopathic, dimenhydrinate (100 mg).


Nah, ini macam-macam manfaat jahe secara umum:

Jahe sebagai obat batuk. Gampang sekali untuk membuat ramuannya. Bersihkan kurang lebih 10 gram jahe (sekitar 4 ruas), potong-potong, remukkan, lalu rebus dalam empat cangkir air selama 20 menit. Saring dan tunggu sampai tidak terlalu panas. Anda bisa menambahkan madu dan jus lemon untuk menambah rasanya.

Jahe untuk melawan infeksi jamur pada kaki. Rendam kaki anda selama 10 menit dalam air hangat yang telah ditambahi jahe. Peringatan: dilarang meminum air jahe bekas rendaman kaki. wakakak!!!….

Jahe untuk menghilangkan bau badan. Bagi anda yang punya masalah dengan bau badan, cobalah untuk menikmati asinan jahe. Niscaya, bau badan anda tidak akan membuat orang lain sakit kepala.

Jahe sebagai penghilang rasa mual. Kalau manisan jahe lain lagi manfaatnya. Anda bisa memakan manisan jahe untuk mengatasi rasa mual di perut.

sumber: The Perspective.com

posted under |

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Hanya uLfaa Disini .....^^

all about me ^^

Foto saya
Bekasi, Jawa Barat, Indonesia
some people says if i that : i'm sweety i'm beauty i'm a good girls i'm really cute BUT........ gag semua yg lw genger itu bener... Yg bener adalah : gw yg batu gw yg egois gw yg sk lemot klo d ajak ngmong gw yg ingin slalu benar HaL" yg bs bkn gw BT : - menunggu (aplg d srh menunggu sesuatu yg gag pasti) - gag pny duit - gag ad pulsa - d boongin - d marahin tanpa aLesan - nonton film horor It'z really my life coz i'm not perfect persOn.... apapun kelebihan n' kekurangan dalam diri gw, mang inilah gw apa adanya BUT I LUPH MY SELF.....
Powered By Blogger

uLfaa_chouLiiQ*

uLfaa_Zone^^

^WeLcome to my bLog^

Recent Comments