ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KEPERCAYAAN MEREK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA PELANGGAN PROVIDER IM3
Merek adalah nama, istilah, tanda, simbol, desain, atau gabungan dari keseluruhannya yang ditujukan untuk mengidentifikasi produk atau jasa yang dihasilkan sehingga berbeda dari produk atau jasa yang dihasilkan pesaing. Kepercayaan pada merek adalah kemauan konsumen untuk mempercayai merek dengan segala resikonya, karena adanya harapan merek tersebut dapat memberikan hasil yang positif bagi mereka. Oleh karena itu kepercayaan konsumen terhadap merek menjadi lebih penting untuk diperhatikan.
Data atau variabel yang digunakan adalah data primer dimana data tersebut diambil berdasarkan penelitian kuesioner yang langsung terhadap konsumen. Dimana terdiri dari 50 responden dan 15 pertanyaan. Alat analisis yang digunakan adalah skala likert dan uji chi square.
Hasil perhitungan dari data yang diperoleh dengan menggunakan metode tersebut menunjukkan hasil akhir sebagai berikut : Penelitian dilakukan dengan cara mengambil sample secara acak dengan jumlah 50 responden. Dengan menjumlahkan skor dari keseluruhan responden maka ; Hasil Kuartil 3 < Skor < Maksimal : 1125 < 2779 < 11250, Artinya : Sangat Positif atau Kepercayaan merek terhadap loyalitas konsumen pada pelanggan provider IM3 dinilai sangat berpengaruh ( berhasil ).
Serta dengan uji chi square dimana Ho ditolak karena χ² hitung = 97,108 yang berada di wilayah Ha dengan χ² tabel = 23,68. Dengan Demikian, Ho ditolak Ha diterima yang berarti kepercayaan merek berpengaruh terhadap loyalitas konsumen pada provider IM3.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar